Minggu, 13 Juli 2014




Bagi para fans Selecao alias Tim Nasional Brazil pasti ngga asing dengan nama Clovis Fernandes. Yup dia adalah kakek pendukung sepak bola dari Brazil yang selalu muncul dalam beberapa pertandingan timnas Brazil. Ia dikenal ke seluruh dunia setelah aksinya menyerahkan replika piala dunia miliknya kepada salah seorang pendukung Jerman, saat Jerman mengalahkan Brazil dengan skor telak 1-7 pada Piala Dunia 2014.

Pemilik nama lengkap Clovis Acosta Fernandes ini memulai kefanatikkannya kepada timnas Brazil sejak ia melihat sebuah pertandingan dalam Piala Dunia 1970 di Meksiko dari layar televisi. Sejak saat itu Clovis merasa kefanatikannya tumbuh dan bermimpi dapat menonton pertandingan Piala Dunia yang dijalani Brazil secara langsung. Clovis awalnya adalah seorang pengusaha. Ia adalah pemilik sebuah restoran pizza. Karena kefanatikannya ini, ia meninggalkan pekerjaannya itu dan menjual restorannya. Clovis lalu dapat mewujudkan mimpinya tersebut saat Piala Dunia 1990 di Italia. Sejak saat itu pula Clovis terkenal dengan topi berhiasan, skraf, pakaian dan sepatu bot yang menjadi ciri khasnya. Ia juga mendirikan sebuah grup dukungan bernama "Gaucho Cup" serta mengundang kawan-kawannya ikut dalam grup tersebut. Tugas anggota grup ini adalah menemani Clovis dalam berbagai event pertandingan sepak bola seperti Piala Dunia, Piala Konfederasi, Copa America dan Olimpiade. Oleh karena hal itu ia dijuluki sebagai “pemain ke-12 Brazil”.  Ia adalah salah satu saksi mata disaat tim nasional kebanggaannya memenangi Piala Dunia ke lima kalinya di Korea Selatan dan Jepang. Dimana saat itu dua gol berhasil dicetak oleh Ronaldo yang baru menjalani operasi ke gawang Jerman pada pertandingan yang berlangsung di Yokohama. FIFA lalu menobatkan Clovis menjadi fans sepak bola terbaik di dunia.  Sejak saat itu ia menjadi perhatian media dunia. Clovis beserta replika piala dunianya mulai muncul pada Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman. Untuk dapat melihat pertandingan-pertandingan yang dilakoni tim nasional Brazil, Clovis dibiayai oleh pemerintah Negara Bagian Rio Grande do Sul. Ia telah mengunjungi lebih dari 60 negara dan menonton lebih dari 150 pertandingan tim nasional Brazil.

Clovis Fernandes pada PD 1994

Dalam Piala Dunia 2014 yang diadakan di Brazil, langkah timnas Brazil harus terhenti di depan publiknya sendiri pada 8 Juli 2014 pada babak semifinal setelah tujuh gol dilesakan oleh masing-masing Thomas Müller, Miroslav Klose, Sami Khedira, dan masing-masing dua gol oleh Toni Kroos dan André Schürrle dan Brazil hanya dapat menyarangkan satu gol penghibur yang dicetak oleh Oscar. Dalam pertandingan yang dilakukan di Estádio Mineirão, Belo Horizonte tersebut pendukung Brazil merasa sangat kecewa atas kekalahan telak yang dialami timnas Brazil. Dalam sebuah kamera yang merekam pertandingan, terlihat banyak penonton yang murung dan menangis. Hal ini juga terjadi pada Fernandes, di mana ia juga menangis di atas tribun penonton sambil memeluk replika piala dunia miliknya. Namun setelah pertandingan ia memberikan replika piala dunianya tersebut kepada salah seorang pendukung Jerman, sambil berkata.

”Bawa ini ke final! Seperti yang kau lihat, ini tidak mudah, namun kau layak mendapatkannya, selamat”

Peristiwa ini lalu menjadi topik pembicaraan di seluruh dunia. Dimana banyak orang yang membicarakan tentang kejiwa besaran Fernandes. Selain itu, oleh media internasional ia disebut sebagai “orang tersedih di Brazil” (Inggris : ''Saddest man in Brazil'')
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar